Tol Serang Panimbang Akan Rampung Desember 2019

Tol Serang Panimbang Akan Rampung Desember 2019

148 views
0
BERBAGI

Banten, (RN) –  Pembangunan Tol Serang Panimbang segera dibangun oleh PT Wijaya Karya Serang Panimbang (WSP) selaku pemilik konsesi Tol Serang-Panimbang yang menargetkan tol sepanjang 84 km ini bisa rampung pada akhir Desember 2019.

Konstruksi ruas tol Serang-Panimbang sendiri segera dilakukan pada pertengahan Desember mendatang.

Direktur Utama PT WSP, Entus Asnawi mengatakan, pembangunan tol ini akan mengembangkan daerah-daerah yang ada di provinsi Banten yang terkenal akan potensi agrikultur dan pariwisatanya. Hal ini diharapkan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Banten seiring dengan tumbuhnya pusat-pusat ekonomi baru lewat pembangunan jalan tol ini.

“Manfaat tol untuk pemerintah daeah Banten sangat banyak, terutama untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sekarang ini untuk daerah Selatan Banten ini relatif belum terbuka. Harapannya dengan adanya tol ini, konektivitas ekonomi makin bagus. Karena di Selatan sebetulnya sudah ada juga kawasan industri, pariwisata yang juga bisa dieksplor kalau tol ini sudah jadi,” katanya saat ditemui di WIKA Tower 2, Jakarta, kemarin lusa dilansir detik.com.

“Seperti KEK Tanjung Lesung, Pulau Umang, Taman Nasional Ujung Kulon. Di sisi Selatan ada pantai Sawarna. Jadi ada banyak potensi baik industri agrikultural dan wisata dengan adanya tol ini,” tambahnya.

Dia juga tak menutup kemungkinan adanya pengembangan properti di Banten menyusul dibangunnya tol ini.

“Properti juga akan berkembang dengan sendirinya. Biasanya kalau bangunnya di wilayah perkotaan, itu dalam 1-2 tahun tumbuh. Tapai kalau daerah yang lebih rural (pedesaan) itu sekitar 4-5 tahun,” ungkapnya.

Sebagai informasi, biaya investasi pembangunan ruas tol ini mencapai Rp 5,3 triliun untuk porsi yang dikerjakan oleh WSP dari arah Serang. Tol ini akan menghubungkan setidaknya empat kota/kabupaten otonom, yakni Kota Serang, Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak, dan Kabupaten Pandeglang yang diharapkan juga bisa menggerakkan ekonomi baru pada kawasan strategis kota/kabupaten.

Tol Serang-Panimbang dioperasikan oleh PT Wijaya Karya Serang Panimbang yang kepemilikan sahamnya terdiri atas 80% milik Wika, 15% milik PT PP dan 5% milik PT Jababeka Infrastruktur. Tol ini ditarget bisa beroperasi penuh pada akhir 2019 mendatang. (Red)

Related posts:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY