Gubernur Banten Baru, KPK siap Angkat Kaki Dari Tanah Banten

Gubernur Banten Baru, KPK siap Angkat Kaki Dari Tanah Banten

125 views
0
BERBAGI

Respeknews.com. Serang –  Pahala Nainggolan selaku  Deputi Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) komitmen Pemprov Banten dalam pemberantasan korupsi. Jika tidak terlihat kemajuan dalam upaya pemberantasan korupsi, KPK tidak segan akan angkat kaki hengkang meninggalkan Banten.

“Urusan teknis bisa dilaksanakan yang penting itu kan komitmen. Karena ini pasangan baru kita minta komitmennya sekarang. Kita tunggu setahun lagi, kalau tidak maju kita tinggalkan Banten,” kata Deputi Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan, Rabu (24/5/2017).

Tahun lalu, kata dia, KPK sudah datang ke Banten terkait rencana aksi. “Karena ini pimpinan baru maka kita ingatkan lagi bahwa ada beberapa rencana aksi yang perlu dipercepat,” kata dia.

KPK meminta, salah satu sektor yang harus dibenahi di Provinsi Banten, yakni soal Pelayanan Satu Pintu. “Harusnya orang bisa memasukan penawaran melalui android. Saya bilang daerah ini harusnya bisa. Itu harus segera dibuat online. Apa lagi yang kurang, perangkat ada, pelayanan ada. Apalagi yang kurang. Pelayanan publik harus diutamakan,” harapnya.

Padahal, Pahala menilai bahwa sistem yang ampuh untuk memangkas mata rantai korupai salah satunya melalui mekanisme e-katalog, bukan pada lelang. “Jadi bukan lelang obatnya anti korupsi, e-katalog. Jadi tinggal klik beli. Pengadaan barang yang rutin, kenapa juga harus lelang. DKI pakai, kenapa Banten nggak,” jelasnya.

Nainggolan sendiri melihat sudah ada upaya serius dari Pemprov Banten untuk pemberantasan korupsi melalui sistem anggaran. Misalnya mengenai kepatuhan menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) untuk para pejabat.

Saat ini, kata dia, sudah 80 persen pejabat Banten memberikan LHKPN. “Saya ingin Banten 100 persen pejabatnya menyerahkan LHKPN. Saya bilang ini giliran Pak Gubernur untuk menekan,” kata dia. (Red)

Related posts:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY