Mensos Bantu Rumah Baduy 3,5 Miliar

Mensos Bantu Rumah Baduy 3,5 Miliar

47 views
0
BERBAGI

Respeknews.com. Lebak – Pemerintah pusat melalui Menteri Sosial (Mensos), Khofifah Indar Parawansa, memberikan bantuan sebesar Rp3,5 miliar kepada warga Baduy Luar yang rumahnya hancur karena kebakaran.

Bantuan itu pun diberikan untuk membangun rumah dan jaminan kehidupan seluruh warga terdampak di kampung Cisaban Baduy Luar, Lebak, Banten.

Khofifah mengungkapkan, begitu mendapatkan kabar bahwa ada 84 rumah suku Baduy Luar di Cisaban yang mengalami kebakaran pada Selasa (23/5/2017) lalu, ia pun langsung mengirimkan relawan melalui Direktorat Jendral (Ditjen) Perlindugan Sosial.

Khofifah menjelaskan, tahapan pertama bantuan diberikan sebanyak Rp1 miliar untuk membangun tenda-tenda dan pemberian bantuan. Sisanya diberikan pada hari Sabtu (27/5) sebanyak Rp2,5 miliar untuk membangun kembali rumah-rumah warga yang hancur.

“Hari ini kami ke sini, pertama ingin menyampaikan sesuai misi Kemensos, ada bantuan bahan bangunan Rp 25 juta dikali 84 rumah yang terbakar,” ungkapnya kepada wartawan di kampung Cisaban Baduy Luar, Lebak, Banten, Sabtu (27/5/2017) dilansir akurat.co.

Selain bantuan bahan bangunan, lanjut Khofifah, pihaknya juga memberikan bantuan berupa jaminan hidup untuk para keluarga yang terdampak. Ada dalam bentuk uang maupun cek yang dapat dicairkan nantinya. Sambil menunggu proses pembangunan rumah, Khofifah mengatakan, warga Baduy diharapkan bisa mendapat dukungan secara logistik.

“Harapan kami, pada saat menunggu proses pembangunan, kehidupan mereka terus terjaga,” katanya.

Ke depan, Khofifah menuturkan, pemberdayaan masyarakat terpencil seperti di Baduy akan terus didorong. Apalagi, di Kemensos ada direktorat yang mengurusi soal komunitas adat terpencil seperti suku Anak Dalam di Jambi, Dayak di Kalimantan dan Baduy di Banten.

“Harapannya pemberdayaan sosial kita dorong, apalagi tenun ibu-ibu di Baduy kan bagus,” ujarnya.

Sekadar informasi, kebakaran kawasan Baduy Luar, Kampung Cisaban, Lebak, Banten, membuat 84 rumah warga hangus terbakar pada Selasa (24/5) lalu. Sebanyak 105 kepala keluarga dan 365 jiwa mengungsi ke kampung-kampung sekitar. (Red)

Related posts:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY