Tur Gempa Literasi Generasi Jaguar Di Pulau Jawa : KELUARGA INDONESIA ITU...

Tur Gempa Literasi Generasi Jaguar Di Pulau Jawa : KELUARGA INDONESIA ITU KREATIF DAN KUAT

42 views
0
BERBAGI

Respeknews.com. Banten – Traveling seolah sudah jadi bagian dari hidup saya. Bahkan setelah berkeluarga (1996), saya sering menyelenggarakan kegiatan berbau traveling bersama relawan Komunitas Rumah Dunia; saya kemas dengan nama “Tur Gempa Literasi”. Di setiap kota yang saya singgahi para keluarga dan komunitas literasi menyelenggarakan “gempa literasi”, gempa yang menghancurkan kebodohan dalam bentuk: pertunjukkan seni, pelatihan (menulis), aneka lomba, seminar/diskusi, bedah dan peluncuran buku, hibah buku, dan bazaar buku.

Hal itu saya dan istri – Tias Tatanka – dibantu para sahabat, kami lakukan terus-menerus secara konsisten selama 17 tahun (2000 – 2017) di Komunitas Rumah Dunia. Tur Gempa Literasi pernah saya lakkan bersama relawan di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan se-Jawa (Tur Gempa Literasi Anyer-Panarukan). Saya juga pernah sendirian; Tur Gempa Literasi Borneo dan Tur Gempa Literasi Sumatra. Dan berdua bersama istri menyulut “Gempa Literasi Asia” ; mulai dari Singapore, Malaysia, Thailand, India, UEA, Qatar, Saudi Arabia.

Banyak orang yang tidak suka atau tidak sreg dengan label “gempa literasi”. Orang-orang mengaggap (peristiwa traumatik) gempa tektonik atau vulkanik selalu menghancurkan peradaban. Bagi saya, itu tidak akan menghentikan semangat berkegiatannya. “Gempa Literasi” adalah gempa yang menghancurkan kebodohan, membangun peradaban baru lewat aksara. Ini wabah baru, virus literasi yang memiliki kekuatan 26 skala Alphabet; itu adalah iqra (baca) dan qalam (tulis). Ah, “Apalah artinya sebuah nama,” pada akhirnya Shakespeare menyelamatkan saya.

Yang paling penting dari semua kegiatan “tur gempa literasi” terbentuknya keluarga kami yang kreatif dan terbuka dengan segala bentuk informasi, tolerans. Kini ritual mudik kami manfaatkan. Sambil mudik ke Solo, kami beri label “Tur Gempa Literasi Bersama Generasi Jaguar”. Tentu orang-orang bertanya, “Apa itu?”

Generasi Jaguar adalah Gol A Gong berserta keluarga (Tias Tatanka, Gabriel Gee , Jordy Alghifari , dan Natasha Azka). Saya dan Tias mencoba menanamkan nilai-nilai positif kepada keempat anak kami. Jadi “Jaguar” adalah : Jantan (berani karena benar), Andal (ringan tangan membantu dalam kebaikan), Gagah (sehat jiwa dan raga), Unik (menumbuhkan potensi diri atau inovatif), Aktif (penuh ide kreatif), Responsif (peduli dan tolerans pada sesama). Nilai-nilai sepeti inilah yang harus tus kita pupuk di rumah, di keluarga. Ibu sebagai “perpustakaan pertama” harus kita (para ayah) maksimalkan lagi.

Semoga dengan silaturahmi, berbagi pengalaman, saling belajar dan tentu menemukan peristiwa (kehidupan) untuk menguatkan jati-diri kita, kemudian kitamenuliskannnya. Setiap traveling, keluarga kita akan jadi kreatif dan kuat.

Saya ingin sekali keempat anak kami kreatif dan tentu memiliki cara berpikir yang luas, tidak seperti “katak dalam tempurung”, tanpa meninggalkan karakter kampung halamannya. Dunia ini luas, buka hanya kampung halaman saja. Setiap melakukan perjalan, cara pandang kita terhadap itu meluas. Selalu ada cara pandang baru dalam kehidupan. Kita akan toleran terhadap sesama. Nilai-nilai itulah yang sedang kami ajarkan kepada keempat anak kami. Selebihnya, kami meyakini tidak pernah ada perjalanan yang sia-sia. Selalu ada (buku) yang dituliskan. Baca-tulis dan belajar-mengajar adalah spirit kami, yang kemudian kami tularkan kepada relawan Rumah Dunia, syukur-syukur melintasi batas, tidak sekadar di Rumah Dunia.

Si sulung – Nabila Nurkhalishah (19 th) sekarang kuliah di Nanjing, China. Anak kedua kami – Gabriel Gee (18 th), yang sekolah di Abu Dhabi sejak 2012 pulang untuk liburan lebaran. Sayang si sulung tidak pulang. Maka kami menawarkan kegiatan dengan label “Tur Gempa Literasi Bersama Generasi Jaguar”.

Alhamdulillah, banyak keluarga kreatif dan kuat bertebaran di bumi Jawa ini yang tertarik mengadakan “tur gempa literasi” se-Jawa. Kami bekerjasama dengan TBM Sakila Kerti pimpinan Dr. Yusqon, memulainya di Tegal. Kemudian Rumah Belajar MEP pimpinan Mas Mep Yusron di Jombang dan Surabaya, FBS UNESA Surabaya, Aliansi Pelajar Surabaya, Komunitas Ngaostik Bojonegoro, Dewan Kesenian Daerah Jepara, Warung Pasinaon Mbak Tirta Nursari, TBM Sumber Ilmu Pak Triyono, Warung Kopi ABG Mas Soepardi, TBM Ambu Seba pimpinan Bu Irma Novita di Bandung dan D’Java Coffee di Serang.

Kami langsung menyusun agenda sebagai berikut denan menyisipkan Perayaan Hari Puisi Indonesiadi beberapa kota :

Tegal, 2-3 Juli
Jombang – 9-11 juli
Surabaya (Unesa) – 11-13 Juli
Surabaya (Aliansi Pelajar Surabaya) – 14-15 Juli
Bojonegoro – 15-17 juli
Rembang – 17 – 19 Juli
Jepara – 21-22 Juli
Ungaran – 23 Juli
Semarang – 24 Juli
Purwokerto – 26 – 27 Juli
Bandung – 28-30 Juli
Serang – 5 Agustus

Mohon doa, saling doa, semoga Allah memudahkan segala urusan kita. Jika Tertarik mengundang silahkan ke Tias Tatanka di WA 081906311007.

Lampiran Rundown :
GEMPA LITERASI BERSAMA GENERASI JAGUAR:
08:00 – 16:00

I. Registrasi – 08:00 – 09:00
2. Ceremony – sambutan dari panitia dan undangan dari instansi atau pejabat terkait – 09:00 – 09:30

II. Generasi Jaguar – 10:00 – 16:00:
1. Pertunjukkan seni (baca puisi). Gol A Gong dan Tias Tatanka akan duet bca puisi. Anak-anak kami juga sedang beradaptasi dan latihn membaca puisi, teruta si bungsu Natasha Azka, – 10:00 – 10:30
2. Lingkungan Literasi Keluarga yang Sehat (pengalaman mengelola Rumah Dunia) oleh Tias Tatanka, yang akan berbagi tentang pengalamannya membagun Komunitas Rumah Dunia, sejak dari penyebutan nama, bata pertama yagn diletakkan di areal seluas 500 M2 di halaman belakang rumah, konsepnya, bentuk lembaganya, rekruitmen relawannya, logistiknya, dapur rumah yang ibarat dapur umum, interpersonal antarta dirinya yang lembut ala putri Solo dengan karakter (seniman) Banten yang keras serta bagaimana menghadapi intimidasi iklim politik di Banten – 10:30 – 11:30
3. Jadi Anak Muda kreatif di Luar Negeri bersama Gabriel Gee, yang sekolah sejak kls 5 SD (2012), sekarang kls 1 SMA di Abu Dhabi. Jika tiba gilirannya si sulung liburan, bisa berbagi pealaman “Suka-duka kuliah di negeri China – 11:30 – 12:00
4. Writing Motivation oleh Gol A Gong, yang membuka diri, silahkan ingin pelatihan apa? Saya 12 tahun di RCTI, jika tertarik bisa kursus singkat TV Program (skenario), penulisan novel, essay atau cerpen. Tergantung perimintaan. Bisa diperpanjang sampai pukul 16:00 jika ingin workshop cerpen, novel, travel writing atau membuat buku cerita bergambar untuk PAUD/TK dari bahan dus bekas air mineral. Silahkan dipilih satu – 13:00 – 16:00
Rundown acara bisa disesuaikan.
#Oleh Gol A Gong

(Red)

Related posts:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY