WH Tekan Kadis Kominfo Banten Terkait Server PPDB Online, Hari Kedua Masih...

WH Tekan Kadis Kominfo Banten Terkait Server PPDB Online, Hari Kedua Masih Tidak Aktif

20 views
0
BERBAGI

Banten – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online SMA/SMK hingga kini masih sulit untuk diakses hampir diseluruh sekolah di daerah se provinsi Banten, hal tersebut membuat Gubernur Banten, Wahidin Halim naik pitan dan menekankan kepada Kepala Diskominfo Provinsi Banten untuk segera menyelesaikan permaslahan server Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online SMA/SMK yang tidak dapat diakses oleh seluruh sekolah di Banten.

“Saya kasih waktu dua jam, kalau enggak selesai juga, awas Kadiskominfo (Tekannya-red). Kalau hanya satu sekolah bisa dimaklumi, tapi ini kan hampir semua sekolah di Banten belum masuk, Pandeglang, Lebak, Tangerang dan yang lainnya,” kata Wahidin yang didampingi Wakil Gubernur Andika Hazrumy dan Sekda Banten Ranta Soeharta saat melakukan sidak ke Diskominfo Banten pada awak media, Kamis (21/06/2018) kemarin.

Wahidin Halim meminta kepada Kepala Diskominfo Banten, Komari agar tidak banyak alasan terkait persoalan ini.

“Kemarin janjinya ke seluruh Indonesia tersambung, tapi sekarang belum bisa masuk, ini fakta jangan banyak berdalih,” tegasnya.

Sebelum melakukan sidak, saat apel hari pertama masuk usai libur lebaran, WH juga menyinggung terkait sistem PPDB online SMA/SMK yang saat ini dipusatkan di Diskominfo, Hal ini menurutnya untuk menghindari adanya pungutan dan intimidasi.

“Tidak lagi ada pungutan, tidak lagi ada tekanan, makanya sekarang langsung dipusatkan di Diskominfo,” tutur Wahidin.

Ditempat terpisah, Ombudsman Provinsi Banten meminta panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) daring atau online di Banten dibenahi. Sebab, pelaksanaan PPDB pada hari kedua Jumat (22/6/2018) masih bermasalah.

Kepala Ombudsman Provinsi Banten Bambang P Sumo mengatakan, masalah PPDB di Banten pada hari kedua masih sama, yakni situs PPDB yang sulit diakses. Ombudsman Provinsi Banten mempertanyakan kesiapan sistem dan kompetensi pengelola PPDB.

“Persiapan kurang baik terkait sarana untuk sistem online. Padahal sudah punya pengalaman tahun lalu ada masalah dengan akses online. Dengan sulitnya akses berarti pelayanan publik terganggu, karena sistem yang terkendala,” kata Bambang di Serang, Jumat (22/6/2018).

Kepala Bidang Aplikasi Informatika dan Komunikasi Publik Pemprov Banten, Amal Herawan Budhi pada respeknews¬†terkait permasalahan tersebut diatas. insiden ini terjadi lantaran kesiapan dari operator, warga banyak yang enggak sabaran mendaftarnya. Operator dan sistemnya saja baru siap dari pukul 08.00 pagi kemarin,” kata Amal.

Ia menyebut masyarakat berlomba – lomba melakukan prosesi pendaftaran sedari dini hari. Maka dari itu terjadi lah sistem yang bermasalah tersebut. Amal mengklaim pihaknya dapat segera menangangi persoalan ini. Pasalnya Pemprov Banten telah menyiapkan akses jaringan internet yang memadai dan disertai operator berkompeten di tiap – tiap sekolah.

“Ini kami lagi pantau terus. Jika terjadi masalah saat mendaftar, bisa langsung datang ke sekolah yang dituju. Langsung dibantu sama operatornya,” kata Amal.

Kepala dinas Kominfo Banten, Hingga berita ini dilansir, Komari belum berhasil dikonfirmasi. bahkan diruang kerjanya tidak ada. ( Adek/Red)

Related posts:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY