Kabupaten Lebak Dilanda Banjir Dan Longsor, Jambatan Ambruk

Kabupaten Lebak Dilanda Banjir Dan Longsor, Jambatan Ambruk

68 views
0
BERBAGI

Kab. Lebak,  RESPEKNEWS.COM – Kabupaten Lebak dalam sepekan ini dilanda bencana, selain gempa bumi yang menghantui warga kabupaten Lebak, kemarin-red,  kini Lebak dilanda Longsor dan banjir yang merendam Kecamatan Bayah sekitar 55 hektar. Akibat banjir itu menyebabkan area persawahan terancam gagal panen. Serta longsor, dan jembatan ambruk.

Istimewa

“kabupaten Lebak wilayah selatan ini diguyur hujan dan angin kencang, hingga mengakibatkan banjir yang begitu besar. Sehingga, sungai yang berada diwilayah bayah dan sekitarnya tak sanggup menampung air hujan yang begitu tinggi sehibgga menggenangi rumah penduduk,” ungkap Bily Relawan Sosial Pencegahan Kriminalitas (Respek Banten Selatan).

Selain banjir, Kemarin Longsor terjadi diwilayah Cibeber Warung Banten yang memutus akses jalan menuju pelabuhan ratu jawa barat – Banten, akses jalan lumpuh total. Dan malingping, pasar simpang dan kantor polsek malingping terendam banjir akibat tidak adanya perawatan rutin irigasi.

“Pekan ini hujan yang turun sejak Jumat lalu, menyebabkan Sungai Cimadur meluap. Jembatan penghubung antara desa di Desa Bayah Timur dengan Desa Cimancak putus. Karena, pondasinya tergerus arus sungai,” ungkap Bily.

Jembatan itu menjadi akses utama warga ke tiga desa lainnya, yakni Desa Jatake, Desa Cisuren, dan Desa Mekarjaya, Jika harus memutar, mereka harus melewati Desa Suwakan dan Desa Penggaranan yang jaraknya cukup jauh, Sementara, kondisi anggota rumah tangga mengungsi ke tetangganya, karena takut ada banjir susulan. Di Wilayah parah musibah banjir itu berada di RW. 06, RW. 07 dan RW. 10 Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Air setinggi satu meter pun merendam sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Lebak,” imbuhnya.

“Diguyur hujan terus-menerus, mengakibatkan debit air sungai meningkat. Karena air tidak tertampung melalui bawah jembatan, sehingga menggerus tanah yang berada dipinggir jembatan, yang mengakibatkan ambrol dan tidak bisa dilewati kendaraan lagi, Berdasarkan data sementara yang berhasil dihimpun, longsor menimpa Desa Neglasari, pukul 06.30 wib kemarin. Menyebabkan, jalan desa tak bisa di lewati sama sekali. karena banyaknya material tanah. Longsor pun menimpa Desa Ciherang, Desa Warung Banten, dan Desa Sukamulya.

Plt Bupati Lebak Ino S Rawita membenarkan adanya beberapa kecamatan dikabupaten lebak saat ini terendam banjir hingga puluhan hektar dan adanya jambatan yang ambruk.

“kami sudah turunkan tim BPBD Lebak,  bahkan dari tim Sar Polres Lebak dan semua ikut membantu. Informasi yang kami dapat banjir saat ini tidak ada korban jiwa. Minggu (25/3/2018) (Jb)

Related posts:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY