Pandeglang Dilanda Longsor, Mobil Pengangkut Hasil Tani Tak Bisa Lewat

Pandeglang Dilanda Longsor, Mobil Pengangkut Hasil Tani Tak Bisa Lewat

22 views
0
BERBAGI

Kab. Pandeglang, RESPEKNEWS.COM – Longsor yang terjadi di Kampung Cinangka RT 007 RW 004, Desa Kadu Engang, Kecamatan Cadasari, Pandeglang mengakibatkan roda perekonomian warga terhambat.

Kasi Pemerintahan Desa Kadu Enggang, Suherman mengatakan dugaan sementara curah hujan yang tinggi menyebabkan jalan penghubung antara Kampung Baru, Kampung Cigentur dan Kampung Cinangka, Kampung Cijeruk, Kampung Kopo, Kampung Citangkil, Kampung masjid, Kampung Tengah, dan Kampung Tegal menjadi longsor.

Dikutip dari Bantennews.co.id, Kata Suherman, kejadian itu diperkirakan terjadi sekitar pukul 04.00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu namun aktivitas perekonomian warga sedikit terganggu karena bahu jalan yang longsor merupakan jalan utama yang biasa digunakan warga.

Lanjut Suherman, sebelum terjadi longsor biasanya banyak mobil berukuran besar dan mobil yang berukuran kecil yang biasa mengangkut hasil pertanian warga melintasi jalan tersebut.

Tapi setelah longsor, mobil berukuran besar sama sekali tidak dapat melintas hanya mobil berukuran kecil saja yang bisa lewat dengan mengurangi beban muatannya, karena warga takut jika muatannya masih sama malah terjadi longsor akibat tanah yang tidak mampu menahan beban kendaraan.

“Memang dulu itu pernah longsor juga jadi itu longsor yang kedua kalinya, kerugian material belum bisa di prediksi, perekonomian warga sedikit terhambat karena itu jalur utama, jalur lain memang ada tapi kondisinya rusak,” kata Suherman, Selasa (6/3/2018).

Suherman mengaku khawatir jika jalan tersebut tidak segera diperbaiki akan mengakibatkan korban jiwa, karena masih ada retakan yang sewaktu-waktu bisa terjadi longsor. Ditambah, bagi pengguna jalan yang tidak tahu medan jalan tidak menutup kemungkinan bisa terjun bebas ke areal longsor.

“Kalau tidak segera diatasi bisa menghambat dan membahayakan, apalagi bagi pengguna jalan yang tidak tahu medan jalan,” ungkapnya. (Mng/Red)

Related posts:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY