Angka Pengangguran Di Kabupaten Serang Tertinggi Se Banten. Kepala Disnaker Banten Tuding...

Angka Pengangguran Di Kabupaten Serang Tertinggi Se Banten. Kepala Disnaker Banten Tuding Calo Karyawan Penyebabnya

224 views
0
BERBAGI

Kab. Serang, (RN) – Angka pengangguran di Kabupaten Serang menempati posisi pertama. angka ini tertinggi di Provinsi Banten. Dengan indeks 14,8 persen, Kabupaten Serang mengalahkan delapan Kabupaten/Kota yang ada di Banten.

Dikatakan Kepala Dinas Tenaga dan Transmigrasi Provinsi Banten, Al-Hamidi kepada Wartawan usai kegiatan jaring aspirasi masyarakat di Graha Negara Gedung Korpri Kota Serang, beberapa hari lalu. Menurut Al-Hamidi, predikat itu disandang Kabupaten Serang banyak oknum calo Karyawan dan oknum perusahaan nakal di Kabupaten Serang yang meminta uang kepada calon tenaga kerja.

“Kalau orang dari luar daerah sudah siap mau bayar berapapun juga. Tapi bagi masyarakat Serang hal ini justru dapat memberatkan,” ungkapnya.

Al-Hamidi menegaskan, setiap orang yang melakukan pungutan kepada calon tenaga kerja akan dikenakan sanksi pidana.

“Artinya pelanggaran secara umum. Bila mengacu pada undang-undang disebutkan, jika ada calon tenaga kerja yang diminta uang maka calo akan dipidanakan,” ujarnya.

Menurut Al-Hamidi, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mengurangi calo. Sehingga jika ada calo atau perusahaan yang meminta uang akan diserahkan kepada polisi.

Selain pemberian sanksi, Disnakertrans Banten juga ingin memberikan formulasi bagaimana memberikan kesempatan bekerja bagi para pemuda yang di Banten. “Kita akan buat formulasi itu dengan semua pemda di Banten,’tutupnya.

Ditempat yang berbeda warga Desa Cijeruk Kecapatan Kibin Kabupaten Serang yang enggan namanya ditulis, dirinya tidak memungkiri adanya praktek calo,  karna itu semua bener. Dikatakan warga, untuk calon tenaga kerja di wilayah Kawasan industri Modran saja calon tenaga kerja perempuan dikenakan 5juta dan untuk lelaki 7,5juta.

“Silahkan bapak bapak bawa lamarannya ke kesemua industri diwilayah Kabupaten Serang, khususnya di wilayah industri Serang timur. Kalau ada yang menerimanya secara Gratis saya acungkan Jempol bahkan saya akan cium kaki bapak.

Pada intinya, lamaran akan ditolak kalau tidak melalui perantara atau disebut Calo, kalau langsung ke perusahaannya pasti dibilang tidak ada lowongan pekerjaan, adapun perusahaan membutuhkan calon karyawan pasti persyaratannya ribet, Lamaran Kerja harus melalui Kantor Pos, padahal itu permainan oknum perusahaan yang sudah seting dengan para calo tenaga kerja,’ ungkap warga.

Warga juga berharap kalau pemerintah provinsi banten mau benar benar mengratiskan tanpa melalui Calo untuk calon tenaga kerja, pihak Provinsi harus berkordinasi dengan semua pihak desa atau kepala Desa yang memiliki kekuasaan wilayah,  hanya satu kuncinya yaitu  kepala desa, karna Kepala Desa. saya yakin bisa menyetop oknum oknum calo itu, ‘ tuturnya.

Sekedar informasi saja,  kalau tenaga kerja di perusahaan spatu yang gan disebutkan nama perusahaannya, untuk calon tenaga kerja Calo mematok harga untuk perempuan sebesar 6,5juta bisa lebih dan untuk Laki-laki 9juta bisa lebih.  Beda dengan calon tenaga kerja untuk Security/satpam lebih mahal bisa mencapai 15juta bisa lebih,’ tutupnya Warga.  (mnl)

Related posts:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY