Diduga Ada Pengurangan Volume Dan Disubkontrakan Kegiatan Betonisasi Ranjeng Cembeh

Diduga Ada Pengurangan Volume Dan Disubkontrakan Kegiatan Betonisasi Ranjeng Cembeh

192 views
0
BERBAGI

KAB. SERANG – Dinas PUPR Kabupaten serang terus melakukan pembangunan secara betonisasi pada ruas ruas jalan sesuai perda. Kali ini terlihat pada kegiatan pembangunan jalan dan jembatan perdesaan yang berlokasi di ruas Jalan Ranjeng Cembeh, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, Minggu (6/5/2018).

Ruas jalan Ranjeng Cembeh dengan volume panjang jalan mencapai 1.710, dilaksanakan oleh pemenang tender CV. Banten Gugus Selatan, akan tetapai ada dugaan disubkontrakan pada pembelanjaan Beton.

Foto : Istimewa

Data yang diperoleh oleh media pada pembelian beton dari plant PT.SCG oleh PT. Anugrah Makmur Energi. Padahal, dalam kontrak, pekerjaan peningatan jalan Ranjeng-Cembeh Kecamatan Ciruas, dikerjakan oleh CV. Gugus Banten Selatan.

Foto : Istimewa

Ditambah lagi, dari hasil pantauan media dilokasi, Sabtu 05 Mei 2018 sekita pukul 21.00 WIB, kegiatan dengan jenis rigid pavement (betonisasi) K-250 ini ketebalannya bervariasi, mulai dari 13 cm – 15 cm. Serta tidak adanya konsultan pengawas dilapangan.

Foto : Istimewa

Ketika dikonfirmasi, pelaksana kegiatan Kuntara (Kunti) mengatakan, bahwa kegiatan peningkatan Jalan Ranjeng – Cembeh tidak menggunakan Lean Concrete (LC).

Foto : Istimewa

“Kerjaan ini tidak menggunakan Lean Concrete (LC), namun juga tidak dikerjakan secara asal-asalan. Penghitungan ketebalan, lebar dan panjang sudah sesuai spek yang ada,” ucapnya sembari mengaku ngaku bahwa dirinya juga wartawan Liputan6.

Kunti menambahkan bahwa dirinya merasa kasihan terhadap kontraktor, dikarenakan banyak pembiayaan yang tidak terduga dan diluar RAB. Tanpa ada anggaran itu, kita harus beli sirdam dan batu makadam, untuk mengevaluasi jalan.

“Kasihan pak sama kontraktornya, banyak biaya yang tidak terduga. Panjang jalan 1.710 meter, serta ada penambahan dari kita juga 5 meter. Belum lagi, kita harus membeli material, seperti sirdam, dan batu makadam yang tidak ada dalam RAB,” tambahnya.

Foto : Istimewa

Untuk diketahui, peningkatan Jalan Ranjeng – Cembeh yang berlokasi di Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, Banten, dengan nilai kontrak 620/14.PK.1850245/SPK/RNJG-CMBH/PPK-BM/DPUPR/2018 nilai kontrak Rp. 1.771.980.000 yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah – Dana Alokasi Umum (APBD – DAU) Kabupaten Serang, tahun anggaran 2018, dimana CV. Banten Gugus Selatan selaku pelaksana kegiatan. (Bl/Red)

Related posts:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY