Diduga Bupati Serang Tak Pantau Situs Sejarah Banten, Nama Keraton Surosowan Jadi...

Diduga Bupati Serang Tak Pantau Situs Sejarah Banten, Nama Keraton Surosowan Jadi Surosono Di Pengindelan Abang

109 views
0
BERBAGI

Istimewa

Penyaringan pertama disebut Pengindelan Abang, kemudian disalurkan ke Pengindelan Putih juga disalurkan kembali ke Pengindelan Emas.

Teknik pada saat itu teknik filterisasi yang luar biasa baik. Pengindelan ini dibangun oleh Hendrik Lucaszoon Cardeel.

Hendrik Lucaasz Cardeel adalah ahli bangunan berkebangsaan Belanda yang sempat masuk Islam dan bekerja untuk Sultan Ageng Tirtayasa dalam merenovasi Keraton Surosowan, Banten.

Cardell ternyata berjasa dalam mengadu domba Sultan Ageng dan Sultan Haji yang merupakan putera mahkotanya sendiri. Belakangan Sultan Haji memberi gelar Pangeran Wiraguna kepada Cardell karena jasa-jasanya meminta bantuan VOC dalam menghadapi Sultan Ageng.

Situs Pengindelan Abang terletak di Jalan Tasikardi kampung Margasana Desa Margasana Kecamatan Keramat watu Kabupaten Serang.
Istimewa
 Saat ini situs sangat memperhatinkan diduga tidak terawat oleh pemerintah kabupaten serang yaitu dinas pendidikan kebudayaan kabupaten serang, selain tidak terawat situs pengindelan abang nampak adanya kesalahan tulisan diplang situs pengindelan abang yang seharusnya situs Keraton Surosowan tertulis Situs Keraton Surosono.
Istimewa
Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Serang Asep Nugraha, saat dikonfirmasi respeknews dirinya tidak tau menau soal adanya plang kebudayaan disitus pengindelan abang yang dikerjakan dinas pendidikan kabupaten serang dan ia baru mengetahui tulisan plang yang berada di situs pengindelan abang ada salah tulisan situs keraton Surosono yang seharusnya Situs Keraton Surosowan.
“saya tidak tau pak, terkait tulisan diplang tersebut, karna itu ada dikasi kebudayaan saudara dedi.
Sebelumnya kami ucapkan terimakasih informasinya, dan akan saya jadikan koreksi,’ ujarnya. Rabu (27/12/2017).
Menurut pengamat wisata #exploreserang Imam Munandar, Diketahui plang nama situs pengindelan abang sudah berada satu tahun lalu. Dipasang oleh dinas pendidikan kebudayaan kabupaten serang.
“Saya yakin Bupati Serang tidak mengetahui Tulisan Plang itu, dan saya yakin bupati pun tidak mengamati situs situs sejarah banten yang berada di kabupaten serang, buktinya pengindelan abang sampai salah tulis.
Menurut imam, ini harus segera dikelarifikasi agar sejarah tidak bisa diubah ubah dengan kata kata seenaknya saja. Bukan surosono tapi surosowan..” tegas imam pada respeknews.
(mnl)

Related posts:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY