Giliran Gamsut dan GMNI Oncog Pemkab Serang

Giliran Gamsut dan GMNI Oncog Pemkab Serang

31 views
0
BERBAGI

Kab. Serang, (RN) – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Serang Utara (Gamsut) dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) UIN Banten meng-oncog (mendatangi) Puspemkab Serang, Kota Serang, Selasa (10/10).

Para mahasiswa itu sengaja mendatangi Puspemkab bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-491, untuk menyuarakan aspirasinya. Menurut mereka, di usia hampir lima abad Kabupaten Serang masih banyak sejumlah permasalahan sosial di masyarakat.

Ketua Gamsut Nurkholis Majid mengatakan permasalahan itu ada di semua sektor, seperti pendidikan, ekonomi, kesehatan, infrastruktur dan sosial budaya.

“Serang Utara misalnya, mengalami keterlambatan pembangunan. Ada 25 gedung sekolah rusak. Sedangkan di Kabupaten Serang terdapat 1.632 gedung sekolah rusak,” paparnya, Selasa (10/10).
Tak cuma itu, Serang Utara sering dieksploitasi alamnya seperti tambang pasir laut. Ada beberapa wilayah di Serang Timur yang lahan pertaniannya dibabat habis untuk kebutuhan industri yang membuat petani kehilangan pekerjaannya.

“Kemiskinan, pengangguran, rumah tidak layak huni, pelayanan kesehatan, dan infrastruktur jalan masih banyak yang terkendala,” ujarnya.
Ia menganggap pemerintah daerah tidak becus dalam membangun kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Serang. Banyak kesenjangan sosial yang dialami masyarakat sehingga persoalan kemiskinan tak pernah berkurang, malah semakin bertambah.

Dikatakannya, pihaknya menuntut dan meminta pemerintah bisa bekerja maksimal sesuai jargon Serang Gawe dan pro terhadap rakyat. Tuntutan itu, seperti memberikan sarana prasarana pendidikan yang layak, menyegerakan percepatan pembangunan infrastruktur jalan Serang Utara sesuai Perda Kabupaten Serang Nomor 3 Tahun 2017.

“Mengadakan lampu penerangan jalan, normalisasi irigasi di Kecamatan Tirtayasa, membangun RTLH, meninjau sistem pembuangan air untuk kesejahteraan petani,” tambahnya.
Selain itu, Gamsut dan GMNI ingin Pemkab Serang agar memaksimalkan pelayanan kesehatan dan mendorong proses pencabutan izin perusahaan yang membuang limbah di Sungai Ciujung.
( Lingga M akbar )

Related posts:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY