Marak KDRT dan Kekerasan Anak, DKBPPPA Rencanakan Perda Ketahanan Keluarga

Marak KDRT dan Kekerasan Anak, DKBPPPA Rencanakan Perda Ketahanan Keluarga

37 views
0
BERBAGI

Kab. Serang, (RN) – Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBPPPA) Kabupaten Serang di 2018 akan merancang peraturan daaerah (Perda) tentang ketahanan keluarga. Hal itu dilakukan untuk menekan maraknya  kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan kasus kekerasan terhadap anak.

Kepala DKBPPPA Kabupaten Serang, Oyon Suryono mengatakan, bahwa kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di 2017 ini‎ sudah mencapai 40 sampai 50 kasus. Tetapi, kasus tersebut diperkirakan jauh lebih banyak, karena kondisi sekarang ini seperti fenomena gunung es, dimana masih banyak segelintir orang yang enggan melapor.

“Yang lebih banyak memang kasus anak, yang paling mengerikan kekerasan anak itu kekerasan seksual, itu kan akan memberikan trauma terhadap anak, anak tidak percaya diri, jadi sudah membunuh karakter anak,” kata Oyon.

Menurut Oyon, masih enggannya masyarakat untuk melaporkan kasus kekerasan tersebut, antara lain  masyarakat dimungkinkan merasa ketakutan akan ancaman ketika melapor, dan ada juga yang masih meng‎anggap kekerasan tersebut sebagai aib yang memalukan jika diketahui orang secera luas.

“Jadi kemungkinan kasusnya bisa meningkat, dan juga bisa menurun,” tuturnya.

Ia menuturkan, di 2018 akan merancang perda tentang ketahan keluarga, hal ini dilakukan untuk memperkuat ketahanan keluarga agar jangan sampai terjadi KDRT.”Kita tahun ini baru mencoba membuat pilot project lima desa di lima kecamatan di Kabupaten Serang, diharapkan ini akan menjadikan bukan hanya sekedar contoh, tetapi bisa menular terhadap desa desa lain, dan bisa meniru tentang gimana sih cara memberikan hak hak anak, serta perlindungan anak, sehingga selesainya kekerasan terhadap anak dan selesai lah KDRT,” pungkasnya.(man)

Related posts:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY