Paripurna : Lima Raperda Baru Diusulkan Untuk Dibahas DPRD Kab. Serang

Paripurna : Lima Raperda Baru Diusulkan Untuk Dibahas DPRD Kab. Serang

56 views
0
BERBAGI

Respeknews.com. Serang – DPRD Kabupaten Serang menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian 3 raperda usul dari DPRD dan 2 raperda usul dari Bupati Serang. Lima raperda baru itu diusulkan untuk dibahas dalam pembukaan masa sidang ketiga tahun 2017 ini. Jumat (16/6/2017).

Cholis Rowiyan, juru bicara DPRD menyebutkan tiga raperda prakarsa DPRD yang diusulkan untuk dibahas yakni Raperda tentang Perubahan Atas Perda Nomor 1 Tahun 2012 tentang Tata Cara Pemilihan Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa, Raperda tentang Pengelolaan Aset Desa, dan Raperda tentang Ketertiban Umum. Cholis mengatakan bahwa usulan Raperda tentang Perubahan Atas Perda Nomor 1 Tahun 2012 tentang Tata Cara Pemilihan Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa untuk menyikapi keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang membatalkan syarat domisili minimal 1 tahun di desa bagi calon kepala desa.

“Syarat menetap 1 tahun tinggal di desa dianggap menghambat hak politik seseorang yang telah merantau dan berupaya mengembangkan dirinya,” ujarnya.

Sementara dua raperda usulan Bupati Serang adalah Raperda tentang RPJMD 2016-2021 dan Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2016. Dalam sambutanya Bupati Serang Tatu Chasanah menyatakan bahwa Raperda tentang RPJMD 2016-2021 ini untuk menindaklanjuti kebijakan Mendagri.

Mendagri telah menginstruksi pemerintah daerah yang telah mengubah organisasi perangkat daerah (OPD) baru untuk menyusun RPJMD dengan menyesuaikan OPD baru.

Bupati menegaskan bahwa Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2016 merupakan laporan keuangan pemerintah daerah. (Job/Red)

Related posts:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY