Puluhan Ribu Wisatawan Kunjungi Wisata Pantai di Banten Selama Libur Lebaran

Puluhan Ribu Wisatawan Kunjungi Wisata Pantai di Banten Selama Libur Lebaran

69 views
0
BERBAGI

SERANG | Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Banten merilis selama libur panjang hari raya idul fitri ini, ‎pengunjung yang datang ke kawasan wisata pantai Anyer- Cinangka, Kabupaten Serang dalam sehari mencapai 37 ribu wisatawan.

Hal itu terlihat berdasarkan penjualan tiket yang ada dilokasi wisata pantai terbuka.

Ketua Balawista Banten, Ade Erwin mengatakan, bahwa untuk mengantisipasi terjadinya laka laut dan melayani wisatawan selama libur panjang jauh-jauh hari pihaknya sudah mengerahkan sebanyak 115 anggota untuk mengawasi 40 objek wisata dan membentuk 9 posko disepanjang pantai Anyer, Cinangka, Carita, Bagedur dan Sawarna.‎

“Anggota balawista itu disebar dikawasan pantai dan perairan terbuka. Kami berharap wisatawan akan merasa nyaman dan aman untuk berlibur ke kawasan wisata Provinsi Banten, selain itu balawista juga memasang spanduk dan rambu-rambu imbauan di kawasan wisata agar wisatawan memahami petunjuk keselamatan,” ujarnya, Jum’at (30/6/2017).

Perlu diketahui, bahwa kawasan pariwisata Banten khususnya Anyer, Carita sampai Sawarna, lanjut Erwin, memang kerap dipadati oleh para pengunjung.
Dari data yang dimiliki,‎ total wisatawan yang berkunjung ke objek wisata terbuka selama libur panjang ini dalam satu hari meliputi kawasan Anyer-Cinangka, diperkirakan jumlah wisatawan dalam sehari mencapai 30 ribu wisatawan.

Sementara di kawasan pantai Carita meliputi pantai Matahari sampai pantai Caringin jumlah wisatawan diperkirakan sekitar 27.500 wisatawan.
Untuk kawasan sekitar Tanjung Lesung antara Panimbang sampai Batu Hideung diperkirakan 9.000 wisatawan, kawasan pantai Binuangen dan Cikeusik berbatasan Pandeglang-Lebak jumlah wisatawan 1.000 wisatawan yang didominasi wisatawan lokal.
Sedangkan di kawasan pantai Bagedur dan sekitarnya kunjungan wisatawan diperkirakan sekitar 7.000‎ wisatawan, dan, kawasan Sawarna kunjungan wisatawan diperkirakan sekitar 15.000 wisatawan.

“Jadi total perakiraan jumlah wisatawan dalam sehari tak jauh dari 89.500 wisatawan.‎ Data jumlah kunjungan wisatawan dihitung berdasarkan jumlah tiket yang terjual dipantai terbuka. Balawista tidak menghitung kawasan akomodasi atau perhotelan,” katanya. (Zal/Red)

Related posts:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY