3 Tanda Tubuh Kekurangan Kadar Potasium

3 Tanda Tubuh Kekurangan Kadar Potasium

10 views
0
BERBAGI

KESEHATAN & TIPS – Selain vitamin dan nutrisi, tubuh juga membutuhkan mineral yang cukup agar selalu sehat dan terhindar dari ancaman berbagai penyakit. Salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh adalah potasium.

Potasium merupakan mineral yang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk membantu otot hingga jantung bekerja secara efektif. Manfaat lain dari potasium ialah dapat membantu mengatur tekanan darah sehingga terhindar dari risiko tekanan darah tinggi maupun tekanan darah rendah. Mineral ini bisa Anda dapatkan di dalam buah-buahan seperti pisang.

Mengingat pentingnya potasium untuk kesehatan tubuh, maka Anda harus mencukupi kebutuhan potasium dengan cara mengonsumsi makanan tertentu yang kaya akan kandungan potasium. Sebab, jika kadar potasium dalam tubuh rendah, maka akan menimbulkan masalah kesehatan. Berikut adalah beberapa tanda bahwa Anda sedangan kekurangan potasium.

1. Otot-Otot Terasa Kram

Otot merupakan salah satu bagian dari tubuh yang memiliki peranan penting untuk menghasilkan tenaga ataupun untuk membakar kalori dan lemak dalam tubuh. Potasium sangat penting bagi otot agar bekerja secara efektif. Jika kadar potasium dalam tubuh rendah, maka otot akan menjadi kram, bahkan Anda akan merasa sakit serta nyeri yang teramat sangat hingga mengalami kejang.

2. Otot Terasa Lemah

Selain dapat menyebabkan otot kram hingga kejang, kurangnya kadar potasium dalam tubuh juga dapat membuat otot terasa lemah. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa otot memiliki peranan penting untuk membakar lemak dan kalori dalam tubuh sehingga bisa mengubahnya menjadi energi. Di samping itu, potasium sangat penting untuk mengubah gula darah menjadi glikogen. Sehingga, hal tersebut bisa membuat otot menjadi lemah, bahkan ketika Anda sedang berolahraga. Selain itu, dampak buruk dari kurangnya potasium adalah dapat menyebabkan kalsium keluar berlebih saat buang air kecil, sehingga bisa meningkatkan risiko terjadinya masalah pada tulang Anda.

3. Kelelahan

Setiap orang pasti akan mengalami kelelahan jika sedang melakukan aktivitas yang berat dalam kurun waktu yang cukup lama. Akan tetapi, kelelahan juga menjadi salah satu gejala kurangnya potasium dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kadar potasium yang rendah dapat mempengaruhi impuls saraf dan sinyal listrik untuk fungsi otak yang baik. Akibat buruk lainnya adalah Anda akan merasa sakit kepala, migraine, dan suasana hati yang tidak stabil. (Red)

Related posts:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY