6 Kebiasaan Tidur Malam yang Ternyata Salah Besar (Tapi Sering Anda Lakukan)

6 Kebiasaan Tidur Malam yang Ternyata Salah Besar (Tapi Sering Anda Lakukan)

40 views
0
BERBAGI

Kesehatan & Tips | Tidur adalah kebutuhan pokok setiap manusis, sama saja seperti makan atau minum. Telah banyak studi yang membuktikan bahwa kualitas dan durasi tidur seseorang memengaruhi kesehatan tubuhnya. Misalnya saja, kurang tidur dilaporkan dapat memicu obesitas atau penyakit kronis lainnya. Meskipun penting bagi kehidupan, namun tetap saja banyak yang melakukan kesalahan saat tidur di malam hari. Apakah Anda juga sering melakukan hal berikut ini?

Berbagai kebiasaan tidur salah yang masih sering Anda lakukan

1. Membalas “hutang” tidur di akhir pekan

Salah besar jika Anda sengaja begadang di hari kerja dan membayar semua hutang tidur Anda di akhir pekan dengan tidur seharian penuh. Kesalahan dari kebiasaan tidur di malam hari ini merupakan hal yang paling sering dan banyak terjadi. Faktanya, masalah kurang tidur yang Anda hadapi tak dapat selesai dengan hanya tidur seharian saja di akhir pekan. Hal ini akan menyebabkan jadwal tidur Anda kacau dan memengaruhi kesehatan Anda di kemudian hari.

2. Tidur sambil menyalakan TV

Anda tidak bisa tidur jika tidak menyalakan televisi atau mendengar musik dari CD player/radio? Sebagian orang mengaku bahwa mereka tidak bisa tidur jika tidak “ditemani” suara latar belakang. Namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa bila Anda melakukan hal tersebut, justru dapat menyebabkan gangguan tidur yang lebih parah. Selain itu, kebiasaan tidur yang seperti ini akan merusak jadwal tidur Anda, sebab kemungkinan besar Anda akan terbangun di tengah malam karena suara berisik dari perangkat elektronik yang belum dimatikan.

3. Bergantung pada obat penenang

Jika Anda selama ini mengandalkan obat tidur untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, ini adalah cara yang salah. Kebiasaan tidur seperti ini justru dapat membuat siklus tidur Anda tak sehat. Lagi pula, Anda akan ketergantungan dengan obat-obatan yang sebenarnya tidak diperuntukkan untuk itu.  Anda harus bisa membiasakan diri untuk tidur secara alami tanpa bantuan obat apapun.

4. Memasang alarm lebih awal agar tidak telat namun terus pencet “snooze”

Anda mungkin sering memasang alarm lebih awal agar tidak telat, namun kemudian sengaja pencet tombol “snooze” untuk kembali tidur barang lima menit saja. Hal tersebut sebenarnya hanya membuat kualitas tidur Anda buruk. Selain itu, kebiasaan tidur seperti ini juga akan menyebabkan Anda mengalami pusing atau sakit kepala ketika bangun.

5. Minum kopi di siang hari agar tak mengantuk dan tidur nyenyak di malam hari

Coba ingat-ingat lagi berapa gelas kopi yang Anda minum di siang hari. Anda mungkin berniat untuk menghilangkan rasa kantuk di siang hari dengan minum kopi. Tapi. Ternyata hal ini berdampak pada jadwal tidur Anda di malam hari. Ketika ingin tidur malam, justru Anda tak bisa tidur. Hal ini diakibatkan oleh waktu paruh atau durasi dari efek yang dimiliki kopi – yang Anda minum pada siang hari – cukup lama, sehingga Anda masih terbangun meski sudah waktunya tidur.

6. Tidak ingin tidur tapi tetap berada di tempat tidur

Jika Anda memang belum siap untuk tidur dan tidak mengantuk, Anda sebaiknya melakukan hal lain di luar kamar tidur Anda. Berada di tempat tidur dalam keadaan Anda belum mengantuk justru akan membuat Anda terganggu dan tertekan. Hal ini tentu akan membuat Anda semakin susah tidur. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan hal lain dulu dan menunggu hingga Anda mengantuk. (net/R|NEWS)

Related posts:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY