AWAS, Sering Menahan Buang Air Besar Bisa Picu Datangnya Penyakit Ini

AWAS, Sering Menahan Buang Air Besar Bisa Picu Datangnya Penyakit Ini

11 views
0
BERBAGI

KESEHATAN & TIPS – Mungkin Anda pernah menahan buang air besar karena alasan tertentu, entah karena memang tidak tersedianya toilet ataupun karena kondisi dan waktu yang tidak memungkinkan. Padahal, dorangannya sudah begitu kuat, tapi Anda tetap memutuskan untuk menahannya.

Saat Anda menahannya, perut Anda akan terasa sakit dan tubuh Anda mengeluarkan keringat. Akan tetapi, rasa ingin buang air besar menjadi hilang untuk sementara. Namun, tahukah Anda efek buruk yang akan terjadi jika terlalu sering menahan buang air besar?

Menahan buang air besar terlalu sering tidaklah baik. Pasalnya, menahan buang air besar dapat menimbulkan beberapa efek buruk, terutama bagi kesehatan karena dapat memicu timbulnya beberapa penyakit. Penyakit yang akan timbul ketika Anda sering menahan buang air besar, diantaranya:

  • Sembelit

Masalah kesehatan yang satu ini mungkin sangat umum dialami oleh banyak orang yang disebabkan karena kurangnya konsumsi makanan berserat. Ternyata, sering menahan buang air besar juga bisa menyebabkan sembelit. Fases yang ditahan untuk keluar akan menumpuk di usus besar, akibatnya fases akan mengeras. Akibat dari sembelit ini, Anda harus menggunakan tenaga ekstra untuk bisa mengeluarkan fases dari dalam perut.

  • Ambeien

Ambeien terjadi berawal dari sembelit. Kebiasaan menunda buang air besar hingga terlalu lama akan menyebabkan ambeien. Seperti yang Anda ketahui bahwa ambeien bisa menyebabkan ketidaknyamanan bahkan rasa sakit pada anus, sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

  • Obstruksi Usus

Mengerasnya fases di dalam usus akibat terlalu sering menunda buang air besar, akan menyebabkan obstruksi usus. Penyakit ini biasanya akan mengganggu saluran pencernaan karena makan dan juga cairan tidak dapat dicerna dengan baik. Kondisi ini juga bisa disebabkan karena adanya kompilasi dari perlengketan usus, kanker usus besar, dan hernia.

  • Kanker Usus besar

Penyakit terkahir yang akan timbul karena terlalu sering menahan buang air besar yang terakhir adalah Kanker usus besar. Hal ini disebabkan karena fases yang lama tertahan di dalam usus berkontak lama dengan sel-sel permukaan usus besar.  Penyakit ini cukup berbahaya, sehingga Anda harus segera melakukan penanganan ke rumah sakit. (Red)

Related posts:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY