Lima Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Penderita Diabetes

Lima Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Penderita Diabetes

21 views
0
BERBAGI

KESEHATAN & TIPS – Salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh manusia adalah diabetes. Yang menjadi masalah adalah, gaya hidup manusia modern yang semakin tidak sehat, ditambah dengan pola makan yang tidak seimbang bisa menjadi pemicu dari masalah kesehatan ini.

Dilansir dari News Max Health, pakar kesehatan menyebutkan bahwa penderita diabetes mau tidak mau harus menata ulang pola makan hariannya agar menjadi lebih aman bagi kondisi kadar gula darah dalam tubuhnya. Jika mereka masih mengonsumsi makanan dengan sembarangan, khususnya dalam hal mengonsumsi makanan manis atau yang kaya akan kalori, maka komplikasi yang sangat berbahaya akan muncul pada tubuhnya.

Komplikasi diabetes tidaklah bisa disepelekan begitu saja. Tak hanya membuat ada bagian tubuh yang diamputasi karena luka yang tidak bisa disembuhkan, banyak penderita diabetes yang akhirnya mengalami penyakit kardiovaskular, gagal ginjal, hingga kebutaan. Berbagai masalah kesehatan ini bisa dipicu oleh lonjakan kadar gula darah yang tidak lagi terkendali.

Pakar kesehatan menyarankan penderita diabetes untuk menghindari makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat dan makanan olahan. Beberapa jenis makanan yang harus benar-benar dihindari oleh penderita diabetes karena bisa memicu lonjakan kadar gula darah dengan cepat adalah roti putih, permen dan camilan manis, pasta, nasi, minuman ringan, jus buah yang kaya akan gula, dan yoghurt rasa buah yang juga biasanya kaya akan gula.

Beberapa jenis makanan lain yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes adalah buah kering, keripik, dan camilan kemasan karena juga bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Penderita diabetes memang tak lagi mampu menikmati makanan sesuka hati. Namun, hal ini harus dilakukan demi menjaga kondisi kesehatannya. (Red)

Related posts:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY