Penyebab Perut Kembung Setelah Bangun Tidur

Penyebab Perut Kembung Setelah Bangun Tidur

8 views
0
BERBAGI

KESEHATAN & TIPS – Baru bangun tidur dan belum mengonsumsi makanan atau minuman apapun namun perut sudah kembung. Banyak orang yang mengaku mengalami masalah kesehatan ini dan merasa sangat terganggu. Tak disangka, menurut pakar kesehatan, ada beberapa hal yang membuat kita lebih sering mengalami masalah kesehatan ini.

Hal pertama yang bisa membuat kita mengalami perut kembung setelah bangun tidur adalah kebiasaan mengonsumsi makan malam dengan porsi yang berlebihan sebelumnya, apalagi jika waktu makan malam kita terlalu dekat dengan waktu tidur. Jika sampai hal ini terjadi, perut akan tidak mampu mencerna makanan dengan maksimal dan hal ini akan memicu masalah perut kembung atau begah.

Hal lain yang bisa membuat kita lebih mudah terkena masalah perut kembung di pagi hari atau setelah bangun tidur adalah sedang mengalami kecemasan atau stress. Kedua hal ini tanpa kita sadari bisa membuat keseimbangan hormon dalam tubuh dan akhirnya memicu reaksi dalam otak atau perut. Tak hanya akan membuat perut kembung, stress dan rasa cemas juga bisa memicu datangnya diare.

Pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk tidak mengonsumsi makanan dengan kadar karbohidrat yang sulit dicerna waktu makan malam seperti donat atau camilan berat lainnya. Selain itu, pastikan untuk tidak mengonsumsinya dengan porsi yang terlalu banyak. Selalu terapkan pola makan dengan kadar gizi seimbang sehingga kita pun akan mendapatkan asupan vitamin, mineral, serat, dan lain sebagainya.

Berikan jarak antara waktu tidur dan waktu makan malam setidaknya dua atau tiga jam sehingga perut masih memiliki kesempatan untuk mencerna makanan dengan maksimal sebelum tubuh benar-benar diistirahatkan. Selain itu, kelola stress dan rasa cemas dengan lebih baik sehingga tubuh, khususnya sistem pencernaan, bisa bekerja dengan maksimal. (Red)

Related posts:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY