Tips Mengatasi Muntah Selama Kehamilan

Tips Mengatasi Muntah Selama Kehamilan

13 views
0
BERBAGI

KESEHATAN & TIPS – Kehamilan adalah fase indah dalam kehidupan wanita, tetapi tidak semua perempuan menjalani proses hamil dengan mudah, seperti mual dan muntah-muntah.

Muntah selama hamil merupakan fenomena umum atau disebut morning sickness, seperti yang biasanya terjadi di pagi hari, meski bisa terjadi kapan saja di siang hari.  Ada banyak alasan wanita sering muntah, seperti peningkatan hormon HCG selama tahap awal kehamilan, peningkatan hormon lain seperti estrogen juga dapat dikaitkan dengan perasaan mual dan muntah.

Wanita hamil memiliki penciuman dan kepekaan yang tinggi terhadap bau, yang juga dapat menyebabkan muntah. Selain itu, selama kehamilan, saluran pencernaan wanita sensitif yang menjadi alasan lain terkait dengan muntah dan mual.

Umumnya, perempuan hamil merasa mual sekitar 4-6 minggu dalam kehamilan, bahkan bisa terjadi sebelum mereka positif hamil. Kondisi ini perlahan-lahan menjadi lebih buruk saat kehamilan berlanjut. Sebagian besar wanita mendapatkan bantuan dari gejala-gejala ini dari sekitar 14-16 minggu ke kehamilan.

Dalam kasus yang ekstrim, wanita hamil tidak bisa menahan makanan di perut dan akhirnya memuntahkan semua yang di makan. Muntah yang parah dapat menyebabkan dehidrasi, kekurangan vitamin dan mineral dan juga dapat menyebabkan penurunan berat badan.

Seperti dilansir Boldsky, ada beberapa cara sederhana yang dapat membantu menghilangkan rasa mual dan muntah, khususnya di pagi hari.

1.Cemilan
Perasaan mual biasanya terjadi ketika Anda lapar. Oleh karena itu, cobalah untuk menikmati cemilan sepanjang hari. Selain menjaga perut tak lapar juga menghilangkan perasaan mual.

2. Konsumsi makanan mudah dicerna
Karbohidrat kompleks seperti pasta dan roti mudah dicerna dan menekan rasa mual. Makanan mudah dicerna juga memberi Anda energi cukup.

3. Gula dan minyak peppermint
Setiap kali Anda merasa mual, Anda dapat menambahkan setetes minyak peppermint pada gula batu dan mengisapnya untuk menghilangkan perasaan mual. Obat ini sangat bagus, terutama setelah makan.

4. Minum teh jahe
Jahe dikatakan menjadi jawaban akhir bagi banyak wanita hamil. Menghirup teh jahe sepanjang hari pasti akan membantu Anda mengatasi perasaan mual.

5. Latihan ringan
Berjalan atau latihan ringan akan membantu melatih otot-otot di perut dan membantu Anda menghilangkan perasaan mual. Jadi, pakailah headphone dan lakukan olahraga ringan.

(Red)

Related posts:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY