Dukung Upaya Pengembangan Literasi, Polres Cilegon Akan Bangun Perpustakaan

Dukung Upaya Pengembangan Literasi, Polres Cilegon Akan Bangun Perpustakaan

18 views
0
BERBAGI

Cilegon, RESPEKNEWS.COM – Salah satu upaya yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Banten untuk mengembangkan budaya literasi masyarakat adalah dengan cara menggelar roadshow budaya literasi masyarakat di delapan Kabupaten Kota se-Provinsi Banten.

Pada Rabu (7/3/2018), DPK Provinsi Banten menggelar kegiatan tersebut di Gedung Serbaguna Al-Khairiyah Kecamatan Citangkil, setelah sebelumnya juga telah melaksanakan kegiatan serupa di Kota Serang.

Foto : Istimewa

Adapun diselenggarakannya kegiatan tersebut, diharapkan mampu meningkatkan minat baca masyarakat di wilayah Provinsi Banten.

“Angka minat baca di masyarakat, masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu lewat kegiatan ini diharapkan angka minat baca di masyarakat bisa di tingkatkan,” ungkap Kepala DPK Provinsi Banten Ajak Muslim.

Selain itu, lewat kegiatan tersebut pihaknya mencoba memberikan pengertian kepada masyarakat, bahwa dengan membaca dapat membawa masyarakat ke arah yang lebih baik lagi.

“Kegiatan ini dilakukan untuk membangkitkan masyarakat dalam membaca, dan dapat membuat masyarakat sejahtera. Karena dengan memiliki minat baca yang baik, maka masyarakat Banten pada umumnya dan masyarakat Kota Cilegon pada khususnya akan mau melakukan bedah buku yang bertujuan untuk mensejahterakan perekonomian keluarganya,” jelasnya.

“Sekarang ini kan kita jarang sekali melihat ada masyarakat yang membawa buku sampe terbuka halamannya. Hal itu cukup dijadikan sebagai gambaran bahwa minat baca masyarakat kita masih kurang,” sambungnya.

Sementara itu, Wakapolres Cilegon Kompol Dhani Gumilar yang turut hadir mendampingi kegiatan menyatakan, dilakukanya roadshow
budaya literasi masyarakat dalam upaya mengembangkan budaya literasi masyarakat di Banten tersebut bukan lagi untuk memberantas buta aksara, namun dilaksanakan sebagai wadah untuk memikirkan bagaimana caranya dengan membaca dapat membuka kesejahteraan masyarakat Cilegon khususnya dan masyarakat Banten pada umumnya.

“Jadi minat baca ini bukan lagi untuk memberantas buta aksara, namun tujuannya lebih ke arah bagaimana caranya dengan membaca dapat mensejahterakan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga menyatakan kesiapannya untuk mendukung upaya meningkatkan minat baca terhadap masyarakat, dengan cara membangun ruang perpustakaan di Mapolres Cilegon.

“Kalo untuk saat ini, ada beberapa buku yang sudah tersedia di pelayanan umum saja, maka nanti kedepan kita akan berkordinasi dengan dinas perpustakaan, agar dapat membangun perpustakaan,” singkatnya. (Zal)

Related posts:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY