Mengayomi Melindungi, Puluhan Wartawan Minta Kawal Proses Hukum Pelaku Kekerasan Wartawan

Mengayomi Melindungi, Puluhan Wartawan Minta Kawal Proses Hukum Pelaku Kekerasan Wartawan

11 views
0
BERBAGI

Kota Cilegon, (RN) – Puluhan Wartawan yang tergabung dalam Kelompok Kerja berunjuk rasa sebagi bentuk solidaritas atas insiden penganiayaan wartawan oleh oknum aparat kepolisian dari Polres Kota Serang pada Jumat (20/10/2017) kemarin.

Kali ini giliran kelompok wartawan yang tergabung dalam Pokja Wartawan Harian Kota Cilegon (PWHC) yang melakukan aksi untuk rasa di bundaran landmark, kawasan Simpang Tiga Kota Cilegon, PWHC mengutuk keras adanya insiden yang dituding telah mencoreng nama baik insititusi kepolisian. Senin (24/10/2017).

“Aparat kepolisian yang seharusnya mengayomi, melindungi justru sebagai pelaku kekerasan itu sendiri. Kami mendesak kepada Kapolda Banten untuk mengusut tuntas kasus ini,” ujar Sobar Rohmat, salah seorang wartawan dalam orasinya.

Seperti yang diketahui, wartawan media Banten Pos bernama Panji Bahari menjadi korban kekerasan saat tengah meliput aksi demonstrasi mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanudin Banten yang mengkritisi tiga tahun kepemimpinan Jokowi-JK.

Dalam video yang merekam insiden tersebut, Panji menjadi korban penganiayaan oleh sekelompok oknum kepolisian yang mendorong, mencekik bahkan memukul lantaran dianggap provokator.

“Rekan kami saat itu bukan untuk memprovokasi atau pun mengganggu kerja aparat kepolisian, melainkan untuk mencari bahan berita yang akan ia publikasikan. Tapi mengapa ia tetap dianiaya, padahal ia sudah menunjukkan kartu identitasnya sebagai pewarta,” tambah Ronald Siagian, wartawan lainnya.

Dalam aksi itu, PWHC Kota Cilegon juga mengajak seluruh insan jurnalis se Provinsi Banten, Organisasi Wartawan se Provinsi Banten dan Ikatan Wartawan Online Banten untuk mengawal terus proses hukum oknum aparat kepolisian tersebut hingga tuntas, karna adanya informasi dugaan Oknum Anggota berinisial G tidak ditahan hanya diproses keterangannya oleh propam Polda Banten. (Man/red)

Related posts:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY