Tak Laik Jalan, Puluhan Bus Ngetem Di Luar TTM

Tak Laik Jalan, Puluhan Bus Ngetem Di Luar TTM

48 views
0
BERBAGI

Kota Cilegon, (RN) – Puluhan armada bus yang biasa beroperasi di Terminal Terpadu Merak, Senin (15/01/2018), terpaksa dikeluarkan petugas dari dalam area terminal. Puluhan bus dengan berbagai jurusan ini, dipaksa keluar oleh petugas lantaran kedapatan tidak memenuhi syarat operasi dengan tidak mengatongi kelengkapan dokumen kendaraan, atau kedapatan kendaraan yang digunakan tidak laik jalan. Tidak diizinkan nya kendaraan tidak layak operasi ini, dilakukan sebagai upaya pengetatan peraturan terhadap bus yang beroperasi di terminal terpadu Merak, yang diberlakukan petugas per 15 Januari 2018 ini.

Dikatakan Sugiyo kepala terminal terpadu Merak, sanksi tegas dilakukan sebagai tindakan supaya pihak penyedia bus segera melakukan perbaikan terutama yang menyangkut aspek keselamatan penumpang.

“Hari ini kami mulai memberlakukan sanksi tegas, setelah sebelumnya kami melakukan pengecekan dokumen dan rampcheck rutin kepada para sopir. Tapi kali ini kami tindak karena dari pemeriksaan dan pengecekan kelengkapan dokumen kendaraan dan kelaikan kendaraannya tidak juga melakukan perbaikan,” Jelasnya .

Pihak TTM juga menegaskan, sejumlah kendaraan bus akan dilarang beroperasi masuk ke dalam terminal sebelum memperbaiki sejumlah yang disyaratkan petugas. Sehingga jika terdapat kendaraan yang mencari penumpang diluar terminal, pihaknya yang mengaku telah berkoordinasi dengan seluruh terminal dan kepolisian menyerahkan sepenuhnya kepada pihak berwajib untuk melakukan penindakan.

Lebih lanjut kepala terminal menjelaskan, dari 320 armada yang beroperasi setiap harinya ada sekitar 90 persen kendaraan yang tidak dilengkapi dokumen, dan 60 persen diantaranya dalam kondisi tidak laik jalan.

“ini alasan kami kenapa lebih baik bus kami keluarkan dan kami kosongkan, karena ini menyangkut keselamatan penumpang. Dari 320 bus setiap harinya yang masuk terminal ada sekitar 90 persen yang tidak lengkap dokumen nya, dan 60 persen nya tidak laik kendaraannya,” Tutupnya. (mia)

Editor : Mang Najib Lee

Related posts:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY