BMKG Akan Pindahkan Stasiun Geofisika Tangerang Ke Serang

BMKG Akan Pindahkan Stasiun Geofisika Tangerang Ke Serang

18 views
0
BERBAGI

Kota Serang, RESPEKNEWS.COM – BMKG Pusat berencana memindahkan stasiun Geofisika yang saat ini berlokasi di Tangerang ke wilayah Kabupaten Serang untuk mendekatkan lokasi ke pusat Pemerintahan Provinsi Banten dan memudahkan informasi-informasi terkait gempa bagi masyarakat Banten.

Deputi Bidang Geofisika BMKG Pusat Muhamad Sadly di Serang, Rabu, mengatakan pertemuan antara BMKG dengan gubernur Banten dalam rangka membangun kerja sama antara Pemprov Banten dengan BMKG dalam upaya pendeteksian terhadap iklim dan cuaca.

Selain itu yang lebih utamanya adalah terkait rencana memindahkan geofisika yang saat ini berada di Tangerang ke sekitar Pusat Pemerintahan Provinsi Banten di Kota Serang dalam upaya memudahkan pengamatan iklim, dan memonitor informasi gempa agar lebih cepat memberikan informasi gempa kepada masyarakat Banten khususnya.

“Rencananya kita ingin memindahkan tahun ini kalau saja ada lahan yang memadai,”kata Sadly.

Menurutnya, pemindahan stasiun geofisika Tangerang ke Serang tersebut selain karena potensi gempa yang cukup besar di wilayah Banten seperti beberapa kali terjadi gempa kecil di Lebak, juga karena stasiun geofisika yang saat ini berlokasi di Tangerang sudah kurang layak karena banyaknya gangguan-gangguan seperti adanya kereta yang melintas setiap harinya.

“Kalau yang ada di Serang kan terkait cuaca atau iklim. Nah yang akan dipindahkan ini geofisika terkait gempa dan tsunami, karena di Banten belum ada,” katanya.

Dengan adanya stasiun ini, kata dia, memudahkan informasi adanya gempa dan tsunami bagi masyarakat yang rawan bencana tersebut, sehingga bisa melakukan deteksi dini dan upaya antisipasi secarara mandiri.

“Tadi pak gubernur merespons dengan baik, karena memang di Banten ini rawan gempa,”katanya.

Menurutnya, lahan yang dibutuhkan untuk kantor pelayanan dan observasi tersebut sekitar 10 hektare di wilayah Serang sehingga perlu dilakukan koordinasi dengan Gubernur Banten. (Ant/Red)

Related posts:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY