Ikatan Wartawan Online (IWO) Banten, Gelar acara “Tangkal Hoax diTahun Pilkada 2018

Ikatan Wartawan Online (IWO) Banten, Gelar acara “Tangkal Hoax diTahun Pilkada 2018

30 views
0
BERBAGI

Kota Serang, RESPEKNEWS.COM – Ikatan Wartawan Online (IWO) Banten menggelar acara “Tangkal Hoax diTahun Pilkada” di cafe Salbai 34 Vaneu Jl. Saleh Baimin Kota Serang, acara tersebut di isi oleh tiga narasumber yang berperan dalam menangkal Hoax, Kapolres Serang Kota AKBP Komarudin, Dekan Fisip Unsera Dr. Abdul Malik, Ketua Panwaslu Kota Serang Rudi Hartono.

Abdul mengatakan, Hoax sudah ada pada zaman Adam-Hawa ataupun masa para Nabi, dalil tentang Hoax itu bukan hanya ada di undang-undang tetapi juga ada di dalam ayat Al-Quran.

“Hoax itu sudah ada pada Zaman sebelum adanya manusia ataupun masa Para Nabi, hoax bukan hanya ada di dalam Undang-undang yang sekarang, tetapi di dalam ayat Al-Quran juga sudah dijelaskan tentang adanya Hoax,”Kata Abdul dalam sesi Diskusi, Senin, 12/03/2018.

Abdul menambahkan, “Hoax di Pilkada Kota Serang Potensi nya sangat besar, diantaranya isu dinasti politik, isu kegagalan pembangunan, dan isu-isu lainnya yang berkaitan dengan tahun Pilkada 2018 dan 2019 ini,” tambah Abdul.

Selain itu, Kapolres Serang Kota AKBP Komarudin dalam diskusinya mengatakan,” kalau dulu Hoax belum bisa ngetren seperti sekarang, karena dulu zaman nya masih belum mengenal media Sosial (Medsos), kalo sekarang kan zaman nya medsos jadi tinggal baca lalu share dan tidak dipertanggungjawabkan,” kata Komarudin dalam sesi diskusi.

Komarudin melanjutkan,”Dalam tangkal isu Hoax di tahun Pilkada ini kami sebagai aparat kepolisian tentunya menginginkan situasi yang kondusif, hoax ditahun pilkada 2018 dan 2019 boleh dikatakan hanya sebuah percikan-percikan, hoax untuk saat ini hanya sebuah tren,” lanjut Komarudin.

Dengan adanya Hoax sebuah negara atau bangsa bisa terpecah belah, kalau tidak ditindak penyebar atau pembuat Hoax lama-lama Negara akan Hancur, maka dari itu himbauan kepada seluruh lapisan masyarakat harus bisa membedakan dan mengecek serta mencegah Hoax ini dengan menelusuri sumber-sumber tertentu ataupun melihat secara langsung dan menanyakan kepada yang bersangkutan.

“Salah satu penyebab negara pecah adalah Hoax, tidak menutup kemungkinan kalo hoax kita biarkan begitu saja lama-lama NKRI ini akan Hancur dan terpecah belah,” Tegas Komarudin.

“Himbauan untuk masyarakat jangan terlalu percaya kepada sumber yang tidak jelas asalnya,” tambah Komarudin. (Ady)

Related posts:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY