Walikota Serang Minta Bankeu Pembangunan RSUD Serang Dan Revitalisasi Banten Lama Segera...

Walikota Serang Minta Bankeu Pembangunan RSUD Serang Dan Revitalisasi Banten Lama Segera Cair

7 views
0
BERBAGI

Kota Serang – Walikota Serang Tb Haerul Jaman berharap Pemprov Banten agar segera mencairkan bantuan keuangan (Bankeu). Sebab pijaknya ingin pembangunan rumah sakit Kota Serang dan penataan kawasan Banten lama cepat terealisasi.

Jaman menyatakan hingga saat ini Bankeu dari Pemprov masih menunggu Pergub, sehingga belum dapat dicairkan. Ia berharap Bankeu segera turun dan sesuai dengan realisasinya.

“Kabupaten atau kota lain juga sama belum menerima. Mudah-mudahan saja ketika turun anggarannya nanti dapat sesuai dengan realisasinya,” ujarnya, Senin (9/4/2018)

Ia menjelaskan bantuan keuangan Provinsi Banten ke Pemkot Serang dialokasikan untuk revitalisasi Banten Lama. Sebab sebelumnya anggaran lebih banyak digunakan untuk RSUD Kota Serang saja.

“Hasil keputusan kemarin, bantuan tersebut termasuk untuk Banten Lama,” terangnya.

Dia mengatakan, Bankeu dari Pemprov sebesar Rp30 miliar. Anggaran tersebut akan digunakan untuk pembangunan RSUD tahap II sebesar Rp24 miliar. Namun, untuk jumlah anggaran khusus revitalisasi Banten Lama ia mengaku masih menunggu keputusannya.

“Sepertinya masih sama angkanya, tidak berubah. Hanya peruntukannya saja yang berubah,” ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Kota Serang, Djoko Sutrisno berharap, dana bantuan tersebut segera keluar. Pihaknya juga telah melayangkan surat untuk meminta bantuan tersebut segera turun.

“Kami sudah memberikan surat ke provinsi agar bantuannya segera turun, mudah-mudahan saja bisa secepatnya,” katanya.

Dikatakan Djoko, Bankeu dari Pemprov tersebut diantaranya akan digunakan untuk merealisasikan pembangunan pendidikan, kesehatan dan infrastruktur. “Ketiga bidang itu yang menjadi perioritas,” kata Djoko.

Dia menuturkan, sebelumnya Walikota Serang telah memberikan arahan untuk penggunaan Bankeu tersebut di Kota Serang untuk beberapa bidang lain. Adapun di antaranya, untuk mengentaskan kemiskinan di Kota Serang, kemudian pengunaan untuk pembangunan RSUD Kota Serang yang saat ini perlu membuat ruang operasi dan unit gawat darurat (UGD). RSUD saat ini masih kekurangan ruang operasi dan UGD. “Lalu untuk jalan dan jalan lingkungan,” ucapnya.

Rencananya, kata dia, alokasi anggaran sebesar Rp 30 miliar yang bersumber dari Bankeu tersebut lebih besar untuk membiayai RSUD Kota Serang yaitu hampir Rp24 miliar. Anggaran Rp24 miliar tersebut digunakan untuk membangun jalan RSUD Kota Serang Rp4 miliar dan bangunan sebesar Rp20 miliar.

“Tapi dari hasil kemarin anggaran penataan Banten Lama yang akan dikelola Kota Serang masuk ke dalam Rp30 miliar itu,” terangnya. (Bn/Red)

Related posts:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY