Kehidupan Masa Kecil Barack Obama Di Menteng Jakarta

Kehidupan Masa Kecil Barack Obama Di Menteng Jakarta

90 views
0
BERBAGI

Pengalaman Obama saat berada di Indonesia, turut membentuk pribadinya menjadi sosok yang moderat dan toleran.

JAKARTA | Sudah menjadi rahasia umum, jika mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama pernah menghabiskan masa kecilnya di Jakarta. Dia diboyong oleh ayah tirinya Lolo Soetoro pada tahun 1967 dari Hawaii dan tinggal di Menteng Dalam, Jakarta Pusat.

Dia juga tidak segan untuk ikut membeli makanan seperti sate dan bakso dari pedagang yang berkeliling melewati rumahnya.

“Saya masih ingat suara si penjual keliling itu: ‘sate, bakso’. Enak ya,” tutur suami Michelle itu yang disambut tepuk tangan meriah.

Walau hanya tinggal selama empat tahun, dari 1967-1971, tetapi Obama tidak pernah melupakan Indonesia. Bahkan, sang Ibu, Ann Dunham, tetap bolak-balik Amerika Serikat-Indonesia karena fokus untuk pekerjaannya di bidang komunitas yang membantu memajukan kaum perempuan dan anak-anak.

Pengalaman Obama saat berada di Indonesia, turut membentuk pribadinya menjadi sosok yang moderat dan toleran. Apalagi Ayah tirinya, Lolo yang seorang Muslim, pernah mengatakan setiap orang harus diperlakukan setara tak peduli apa pun latar belakangnya.

dikutip dari Rappler yang melakukan napak tilas dengan mendatangi beberapa tempat di Jakarta yang pernah dihuni oleh Obama dan keluarganya. Berikut beberapa foto yang berhasil kami abadikan:

 

RUMAH DI MENTENG. Kediaman Barack Obama di Jl. Taman Amir Hamzah No. 22, Menteng, Jakarta Pusat
RUMAH KONTRAKAN. Kediaman Barack Obama yang dikontrak oleh keluarganya di Jl. H. Ramli nomor 16, tak jauh dari lokasi sekolahnya di SD St. Fransiskus Asisi, Tebet.
SEKOLAH DASAR. Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama pernah menempuh sekolahnya di kelas 3 dan 4 di SDN Menteng 01 Jakarta.

 

PATUNG OBAMA. Patung yang didekasikan oleh teman-teman Barack Obama dan ditaruh di SDN Menteng 01. Sebelumnya, patung itu diletakan di Taman Menteng.

 

RUANG KELAS. Ruang kelas yang digunakan oleh Barack “Barry” Obama untuk belajar di SDN Menteng 01. Menurut guru yang mengajarnya, Obama merupakan siswa yang aktif di kelas.

 

RUANG KELAS. Ruang kelas yang digunakan oleh Barack Obama ketika bersekolah di SD St. Fransiskus Asisi. Di dalam ruang kelas terdapat foto Obama dan sang istri, Michelle.

 

PLAKAT. Sebuah plakat berisi kutipan pernyataan Obama pada tahun 2004 lalu sebelum dia maju sebagai Presiden. Dalam plakat itu, Obama mengatakan “It’s that fundamental belief – I am my brother’s keeper, I am my sister’s keeper – that makes this country work”.
ALUMNI. Foto yang menunjukkan bahwa Barack Obama alumni dari SD St. Fransiskus Asisi, Tebet, Jakarta Selatan.

Dalam kunjungan kerjanya ke Indonesia pada tahun 2010 lalu, Obama juga menuturkan di hadapan ribuan orang di Universitas Indonesia mengenai masa kecilnya.

“Jadi, kami pindah ke Menteng Dalam dan tinggal di sebuah rumah yang kecil dan ada sebuah pohon mangga di depan. Saya mencoba untuk mencintai Indonesia. Ketika masih kecil, saya ikut berlari memainkan layang-layang di sawah dan menangkap belalang,” kata Obama tahun 2010 lalu di UI. (Red)

Sumber Foto oleh Kevin Handoko/Rappler

 

 

Related posts:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY