Presiden RI Janjikan Brigjen KH. Syam’un Pahlawan Nasional

Presiden RI Janjikan Brigjen KH. Syam’un Pahlawan Nasional

51 views
0
BERBAGI

KOTA CILEGON – Presiden Joko Widodo tiba pukul 11.20 WIB siang di Kampus Al-Khairiyah Citangkil, Kota Cilegon, bersama dengan Ketua Umum MUI Pusat KH Ma’ruf Amin, dan disambut oleh Ketua PB Al-Khairiyah, Ali Mujahidin, dan Wahidin Halim Gubernur Banten, Jumat (11/5/2018).

Foto Istimewa

Jokowi beserta rombongan selanjutnya melaksanakan shalat Jumat berjamaah di Masjid An-Najah, Citangkil, bersama masyarakat setempat.

Dalam kesempatannya di Harlah Al Khairiyah, Presiden RI Joko widodo akan menjadikan Brigjen KH. Syam’un menjadi Pahlawan Nasional.

KH Syam’un adalah pendiri PB Al-Khairiyah tokoh pejuang Banten diera kolonial. namun hingga saat ini Jokowi belum menerima berkas pengajuan Pahlawan Nasional Brigjen KH Syam’un.

“Jujur saja, sampai saat ini berkasnya belum ada di meja saya. Ini apa adanya saja, belum sampai ke saya,” ujar Jokowi saat Kegiatan Hari Lahir (Harlah) Al-Khairiyah ke-93 di Aula Kampus Al-Khairiyah, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon, Jumat (11/5/2018) dilansir bantennews.

Foto istimewa

Meski demikian Jokowi berjanji akan menyetujui Brigjen KH Syam’un jika tahun ini berkasnya masuk ke mejanya. Dia berjanji akan memprioritaskan memilih KH Syam’un menjadi Pahlawan Nasional.

Namun demikian, kata dia, untuk menjadikan seorang tokoh menjadi Pahlawan Nasional tidak mudah. Sebab memerlukan kriteria khusus dan penelitian dari tim.

“Ini urutannya panjang, soalnya ada usulan dari bupati/walikota, Kementerian dan juga tim, baru kemudian masuk meja saya. Biasanya disitu ada delapan nama yang diajukan. Saya biasanya akan pilih tiga sampai empat nama. Kalau nanti dari delapan nama itu ada salah satunya Brigjen KH Syam’un saya akan pilih dan tandatangani jadi Pahlawan Nasional. Mudah-mudahan tahun ini, kalau gak tahun depan,” jelas Jokowi.

Jokowi menyatakan Brigjen KH Syamun memang sangat berjasa terhadap kemerdekaan Indonesia, terutama dalam mengembangkan lembaga pendidikan melalui Al-Khairiyah.

“Brigjen KH Syam’un adalah ulama besar dan berjasa bagi negara, terutama dalam pendidikan di Indonesia melalui Al-Khairiyah,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua PB Al-Khairiyah, Ali Mujahidin berharap KH Syam’un bisa segera diangkat menjadi Pahlawan Nasional. Dia menyatakan KH Syam’un memiliki jasa besar untuk kemerdekaan  Indonesia.

“Penghargaan sebagai Pahlawan Nasional sangat layak diberikan KH Syam’un. Beliau tokoh pejuang saat melawan kolonikol Belanda untuk kemerdekaan Indonesia,” terangnya.  (Jb/Red)

Related posts:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY