Waduh..! Sebanyak 56 Kapal Roro Di Indonesia Tidak Berlayar

Waduh..! Sebanyak 56 Kapal Roro Di Indonesia Tidak Berlayar

21 views
0
BERBAGI

Respeknews.com. Cilegon – Sebanyak 56 kapal Roll on Roll Off (Roro) di Indonesia telah memasuki usia uzur atau sudah tak layak berlayar.
“56 persen kapal sudah senior, senior nya saya tidak mau menyebutkan tahunnya. Nah silahkan diperbaharui, memperbaiki segi fasilitas dan kapasitas. Batasan umur dan kualifikasi kapal itu harus segera diterapkan, di sosialisasikan. Karena kita bersaing dengan negara lain,” kata Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan (Menhub), usai groundbreaking pembangunan Dermaga VI dan VII Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Sabtu kemrin (27/05/2017).
Karenanya, untuk mengejar ketertinggalan jasa pelayaran dengan negara lain. Kemenhub meminta seluruh jasa operator penyebrangan untuk memperbaharui kapalnya.
“Minimal (bobot) 50 ribu GT, Desember 2018 mulai berlaku. Pendalaman laut juga akan dilakukan bertahap seiring pembangunan yang melesat di Pulau sumatera dan Jawa, maka diperlukan transportasi yang cepat dan efisien,” terangnya.
Perkembangan teknologi saat ini pun harus bisa dimanfaatkan oleh operator kapal dan seluruh cabang ASDP Ferry Indonesia di seluruh Nusantara untuk memaksimalkan pelayanannya.
“Jadi pelayanan dan scurity harus ditingkatkan. Menhub mendorong PT ASDP untuk menggunakan IT dalam pelayaran, pembangunan dermaga dan sterilisasi pelabuhan,” jelasnya.
Perlu diketahui bahwa Pelabuhan Merak di Kota Cilegon, Banten, menjadi pelabuhan terpadat se-Indonesia yang dihari biasa menyebrangkan 51 ribu penumpang dan 10 ribu kendaraan dari berbagai jenis. Kesemuanya dilayani oleh lima dermaga. (Red)

Related posts:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY