TIAS TATANKA DAN GERAKAN LITERASI DI RUMAH DUNIA

TIAS TATANKA DAN GERAKAN LITERASI DI RUMAH DUNIA

50 views
0
BERBAGI

Rumah Dunia |Golagong |Selasa 27 Juni 2017

Entertainment | Siapa pernah membayangkan seorang putri Solo kelahiran 31 Juli 1971, yang gemar menari tapi insinyur mesin dari UMS, hampir setiap pekan menjamu seniman muda Banten yang gondrong bulukutek, kadang belum mandi dan lapar belum makan?

Di Sabtu dan Minggu, pada awal gerakan literasi di Rumah Dunia menggeliat (2002 – 2006), hampir semua seniman muda Banten datang ke Komunitas Rumah Dunia untuk berteater, membaca puisi, berdiskusi dan belajar menulis. Tias Tatanka dengan sabar menjamu mereka; hidangkannya kudapan dan makan siang. Semua demi gerakan literasi di Banten berkembang.

Banyak orang tidak tahu, bagaimana dia menghadapi intimidasi terhadap Gol A Gong – suaminya, karena persoalan politik dinasti di Banten yang korup. Bagaimana pula dia menghadapi sikap nyinyir aktivis lainnya yang datang saat membutuhkan kemudian pergi dengan kebencian karena keinginannya tidak terpenuhi, yang berseberangan dalam hal visi-misi memerangi korupsi dan menolak dana hibah yang diselewengkan. Bagaimana dia menutupi kesedihannya ketika harus keguguran, karena tekanan sikap-sikap nyinyir itu?

Di Rumah Dunia yang dia dirikan bersama Gol A Gong, Toto St Radik, @Rys Revolta, Andi S Trisnahadi, Maulana Wahid Fauzi, Abdul Malik , sepajang hidupnya dia dedikasikan untuk literasi. Rezeki berlebih tidak dia belikan perhiasan, karena seperti katanya, “Perhiasanku adalah Komunitas Rumah Dunia. Semoga itu bisa menjadi jalan terangku ke sorga.”

Suka-dukanya mengurusi suaminya, keempat anaknya berbarengan dengan tumbuh dan berkembangnya Komunitas Rumah Dunia. Rasa rindunya kepada si sulung – Nabila Nurkhalishah yang kuliah di China dan putra kedua – Gabriel Gee yang sejak 2012 sekolah di Abu Dhabi. Hal itu yang akan dia sampaikan di “Tur Gempa Literasi Generasi Jaguar se-Jawa”, 1 Juli s/d 6 Agustus 2017. Tema yang diusung “10 Nominasi UMMI Award” ini adalah “Literasi yang Sehat dari Rumah Kita”.

Semoga membawa manfaat dan Allah SWT memudahkan segala urusan kita. (Red/R|NEWS)

 

Related posts:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY